Cara Mengatasi Nyeri Haid Paling Efektif Tanpa Obat

mlLangkah menangani nyeri haid atau pre menstrual syndrom (PMS). Haid dengan kata lain menstruasi yaitu hal yang umum dihadapi oleh beberapa wanita yang masuk umur puber. Haid diikuti dengan keluarnya darah atau sel telur yg tidak dibuahi lewat saluran vagina. Nah, disini adakah Anda yang alami nyeri saat haid?

Rasa nyeri yang umumnya berlangsung pada hari-hari pertama haid adalah hal yang lumrah, karenanya masih tetap termasuk juga dalam Premenstrual Syndrome (PMS). Anda pasti kenal kan dengan arti PMS? Satu keadaan dimana Anda rasakan emosi yang meledak-ledak karna rasa nyeri di sekujur badan saat menstruasi dan cara meredakan nyeri haid hari pertama.

Langkah menangani nyeri haid/strong

Tanda Waktu Menstruasi

Saat memperoleh siklus menstruasi, biasanya juga akan dibarengi dengan beragam tanda yang muncul. Tanda tanda ini biasanya cuma berjalan sekitaran 1 atau 2 hari.

Tanda tanda yang umumnya muncul saat memperoleh mestruasi ini diantaranya :

  • Merasa nyeri pada daerah perut bawah
  • Hal semacam ini berlangsung karna ketika menstruasi rahim terluka serta berkontraksi untuk keluarkan sel telur. Keaadaan berikut yang buat rasa nyeri pada perut. Pada beberapa orang, ada yg tidak kuat menahan rasa nyerinya, bahkan juga yang paling kronis terkadang hingga buat seorang pingsan.
  • Rasa lelah
  • Diare atau sembelit
  • Kembung
  • Gampang geram
  • Rasa nyeri atau tidak nyaman didaerah paiyudara
  • Punggung merasa sakit
  • Muncul jerawat

Beragam tanda PMS umumnya keluar 1 atau 2 minggu mendekati haid serta diikuti dengan payudara merasa nyeri atau bengkak, Anda mulai rasakan pusing, terasa nyeri di daerah perut sisi bawah atau terasa perut kembung, stres, dan kelelahan.

baca juga : latihan yoga untuk memperbesar payudara

Apabila Anda telah mulai rasakan sinyal tanda seperti diatas, Anda dapat lakukan sebagian panduan tersebut untuk menangani nyeri waktu haid.

Mengompres hangat pada perut

Langkah menangani nyeri haid yang pertama yaitu dengan memberi kompres pada perut. Waktu perut atau punggung sisi bawah mulai merasa nyeri, Anda dapat mengompresnya dengan bantalan pemanas. Atau apabila Anda tidak mempunyai bantalan pemanas, Anda dapat merebus terlebih dulu air, lantas masukan air yang sudah panas itu ke satu botol kaca memiliki ukuran kecil atau botol beda yang tahan panas. Lalu lapisi botol itu dengan kain atau handuk. Pakai jadi kompres perut pengganti bantalan pemanas. Gampang kan?

Kompres dingin pada perut
Terkecuali memberi kompre hangat, kompres dingin nyatanya juga cukup menolong. Bila saya pribadi, saya seringkali memakai kompres hangat daripada kompres dingin alassannya karna tambah nyaman saja.

Langkahnya :

  • Ambillah handuk lalu basahi dengan air dingin
  • Peras hingga air tidaklah terlalu banyak
  • Lekatkan handuk barusan pada perut
  • Kompres dingin ini juga akan menolong mengeecilkan pembuluh darah atau vasokonstriksi, yang mana menolong kurangi kesibukan pada ujung syaraf otot.

Minuman hangat
Dengan konsumsi minuman hangat juga akan menolong merelaksasikan perut. Tetapi tidak semuanya minuman hangat ini bisa anda mengkonsumsi. Cafein begitu dianjurkan tidak untuk dikonsumsi waktu haid. Bukan hanya cafein pada kopi namun teh juga memiliki kandungan cafein walau tidak sejumlah kandungan cafein pada kopi.

Berbaring
Berbaring adalah satu diantara langkah yang cukup efisien untuk meredakan nyeri haid. Anda bisa berbaring diatas tempat tidur atau sofa supaya rasa nyerinya berangsur lenyap. Beberapa wanita umumnya rasakan sakit di daerah punggung. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberi bantal jadi penyangga lutut, lantas tarik napas panjang serta buanglah perlahan-lahan. Kerjakan serileks mungkin saja hingga Anda terasa agak baikan.

Pijat dengan lembut
Saat mulai terasa nyeri, Anda dapat coba memijat sendiri perut sisi bawah Anda dengan perlahan-lahan serta waspada. Diluar itu, Anda dapat juga memijat lembut daerah otot sisi dalam tulang kering pada kaki. Pijatan lembut ini dapat memperlancar aliran darah Anda loh.

Berolahraga ringan
Siapa katakan bila waktu haid tidak bisa olahraga? Anda jadi disarankan untuk olahraga loh, walau cuma berolahraga enteng. Paling tidak, coba untuk jalan kaki sepanjang 30 menit, jogging, atau senam enteng. Terkecuali untuk melindungi metabolisme badan, berolahraga enteng saat haid dapat juga memperlancar darah serta kurangi nyeri.

Konsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi
Waktu menstruasi, badan pastinya juga akan kehilangan banyak darah. Untuk Anda yang memiliki kisah sakit anemia atau desakan darah rendah semakin lebih gampang rasakan nyeri haid. Oleh karenanya, jadi satu diantara langkah untuk mengatasinya, Anda disarankan konsumsi makanan yang kaya kandungan zat besi. Apa sajakah? Janganlah cemas, banyak kok macamnya. Umpamanya saja, kacang-kacangan, sayur bayam, ubi rambat merah, dsb. Langkah yang cukup gampang serta murah bukan?

Mengkonsumsi pisang

Langkah menangani nyeri haid/strongBuah pisang di ketahui memiliki kandungan tinggi potasium. Karna kandungan ini, buah pisang dapat kurangi rasa nyeri waktu hari pertama menstruasi atau lebih di kenal dengan arti disminore. Memperbanyak mengkonsumsi buah pisang sebelumnya atau sepanjang menstruasi untuk menolong memperingan rasa nyeri yang datang ketia Anda memperoleh menstruasi.

Jamu kunyit asam
Obat tradisionil satu ini benar-benar sangat manjur untuk mengobati nyeri haid. Sekarang ini pasti tersedia banyak jamu kunyit asam yang sudah dikemas dengan moderen di toko ataupun apotek. Tetapi, apabila Anda menginginkan buat sendiri, Anda tinggal sediakan sebagian ruas kunyit, jahe, dan kencur yang sudah diparut serta diperas sarinya.

Langkahnya :

  • Rebus sari ramuan barusan dengan asam jawa dan gula merah.
  • Sesudah mendidih, minumlah saat hangat. Anda bisa meminumnya 2 kali satu hari.
  • Mandi Air Hangat
  • Mandi air hangat juga akan menolong memperlancar peredaran darah. Dengan kata beda, mandi air hangat ini bisa merelaksasikan badan yang mana juga akan menolong memperingan rasa sakit pada perut.

Kerjakan Tekhnik Relaksasi
Langkah menangani nyeri haid selanjutnya yaitu dengan lakukan relaksasi. Relaksasi ini juga akan menolong kurangi rasa nyeri yang anda alami, Anda dapat lakukan nafas dalam atau yang beda. Tehnik relaksasi nafas dalam ini begitu gampang untuk dikerjakan serta dapat anda lakukan setiap saat.

Langkahnya : Tarik nafas lewat hidung sekuat yang anda dapat, tahan sebentar sekitaran 5-10 detik lantas hembuskan dengan perlahan-lahan lewat mulut, kerjakan dengan berulang ulang.

Terkecuali lakukan nafas dalam, pijatan yang lembut akan menolong kurangi rasa nyeri. Tehnik yoga atau pilates sangat berguna untuk menolong mengalihkan fikiranmu mengenai rasa nyeri, hingga perlahan-lahan tempat badan juga akan melupakan serta tidak merespon nyeri pada perut yang anda alami.

baca juga : dampak buruk merokok bagi wanita

Atur Tempat Senyaman Mungkin
Waktu anda terasa tidak kuat menahan sakit, baiknya selekasnya istirahat serta berbaring. Anda bisa mencari tempat senyaman anda. Anda bisa tidur dengan tempat miring kiri dengan kaki kanan diatas bantal.

Diluar itu, anda dapat juga mengatur tempat dengan tidur serta sedikit mengangkat kaki dengan kaki diganjal bantal.

Minum obat anti nyeri
Langkah menangani nyeri haid/strongKalau anda telah tidak tahan sekali lagi dengan nyeri yang anda alami, anda bisa menolong memperingan rasa nyeri dengan meminum obat anti nyeri.

Obat nyeri yang dapat membantumu untuk memperingan tanda ini diantaranya :

  • NSAID atau non steroid anti inflamatory drug (obat anti inflamasi), Obat obat anti nyeri pada kelompok ini begitu pas untuk dipakai untuk menolong kurangi rasa nyeri.
  • Contoh obat anti nyeri itu diantaranya : ibuprofen, asam mefenamat, paracetmol.
    Terkecuali konsumsi obat, saat ini banyak pula type minuman pengurang rasa nyeri yang di jual bebas di beberapa toko yang begitu gampang sekali untuk diperoleh. Namun anjuran saya sich, sepanjang anda masih tetap dapat mentolerir rasa sakitnya, baiknya jauhi konsumsi obat obatan itu.

Kontrol ke dokter
Langkah menangani nyeri haid yang paling akhir yaitu dengan mengkonsultasikannya ke dokter. Apabila Anda rasakan sakit terus-terusan yg tidak berangsur menghilang, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk ketahui penyebabnya nyeri itu.

Nah itu barusan sebagian panduan mengenai bagaimana Langkah menangani nyeri haid yang seringkali berlangsung pada anda. Sesungguhnya nyeri haid ini normal kok, asal anda masih tetap bisa mengatasinya dengan alami tambah baik jauhi pemakaian obat obatan ya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s