Inilah Beberapa Jenis Alat Keselamatan Kerja Listrik

Image result for pekerja listrik

Alat keselamatan kerja listrik begitu dibutuhkan oleh tiap-tiap pekerja yang bekerja di bidang kelistrikan yang bertugas melayani, sediakan dan menggunakan daya listrik. Beberapa peralatan yang digerakkan oleh listrik menyebabkan tegangan, putaran maupun desakan berkapasitas besar hingga dapat berisiko kecelakaan, oleh karenanya keselamatan kerja untuk pekerja listrik sangatlah penting.

Perlengkapan keselamatan untuk kerja listrik dapat melindungi tiap-tiap pekerja dari beragam jenis bahaya perlengkapan listrik, sebab nyaris 95 % kecelakaan listrik yang berlangsung berbuntut kematian. Sumber terbesar dari kecelakaan listrik sering kali karena sebab ketidaktahuan dan ketidak sengajaan.

Perlengkapan keselamatan kerja dalam instalasi listrik sangatlah penting untuk keamanan gedung dan berisi pada kebakaran yang disebabkan instalasi listrik. Keamanan dalam instalasi listrik bersama dengan peralatannya, dan keselamatan manusia manfaat melindungi pada bahaya sentuhan dan surprise arus listrik juga begitu penting.

Prinsip-prinsip dalam keselamatan kerja pada alat-alat listrik harus dipenuhi oleh pihak perusahaan pada beberapa pekerjanya berbentuk jamsostek atau jaminan sosial tenaga kerja dan pihak perusahaan harus sediakan perlengkapan atau sarana yang dapat menanggung kesehatan dan keselamatan beberapa pekerjanya
Jenis Alat Keselamatan Kerja Listrik

Beberapa jenis perlengkapan keselamatan kerja listrik dan sarana kerja yang harus ada yakni :
Alat Pemadam Kebakaran

Alat pemadam Kebakaran memiliki peran yang begitu penting sebab kebakaran adalah permasalahan yang kerap berlangsung pada saat lakukan instalasi listrik maupun pada saat bekerja dengan perlengkapan listrik, hingga resik terjadinya kebakaran dapat diminimalisir.

Kotak P3K komplit

P3K diperlihatkan untuk memberi pertolongan pertama pada kecelakaan sebagai usaha pertolongan awal pada penanggulangan kecelakaan, hingga mencegah dan meminimalisir keparahan atau rusaknya yang berlangsung karena kecelakaan kerja.
Baju kerja dan perlengkapan keselamatan kerja yang komplit.

Beberapa pekerja yang ada di tempat dan yang akan bekerja harus menggunakan baju kerja dan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seumpama helm, sepatu safety terbaru anti listrik atau Safety shoes, kacamata Safety (goggles), Sarung tangan Safety (Safety Gloves), selimut api, detektor gas (gas detector) dan tabung pemadam kebakaran.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s