Cara Membersihkan Sepatu Kulit Yang Benar Agar Terlihat Seperti Baru

Image result for sepatu kulit yang benar

Sepatu safety terbaru dari kulit adalah satu diantara keperluan paling utama dalam soal tampilan, terutama untuk pria dewasa. Terkecuali membuat perlindungan kaki kita dari debu dan kotoran, sepatu yaitu satu diantara segi penting untuk menyempurnakan tampilan seorang. Sepatu kulit yang kita gunakan juga melambangkan karakter dan jati diri seorang.

Sesuai sama manfaatnya, sepatu kulit membuat perlindungan kaki kita dan sebagai alas kaki untuk jalan, pastinya akan banyak lewat beragam medan dan terserang noda jalanan seperti debu, pasir dan tanah yang melekat pada sepatu. Karenanya kita butuh lakukan pembersihan teratur supaya sepatu kita tetaplah awet dan tampak bagus.

Nah, bila sepatu kulit milikmu senantiasa terlihat bagus, anda juga senantiasa tampak keren bukan? Tetapi untuk bersihkan sepatu kulit itu tak tidak bisa asal-asalan. Ada tips spesial dan alat spesial yang dipakai untuk bersihkan sepatu kulit supaya tetaplah awet dan tak merusaknnya.

Di bawah ini info dan segala teknik untuk cara bersihkan sepatu kulit anda supaya tetaplah bersih dan awet.

1. Mengetahui Jenis Kulit Pada Sepatu Kulit

Sebelumnya anda bersihkan sepatu kulit, anda butuh mengetahui dahulu jenis bahan basic kulit yang ada pada sepatu kulit milikmu. Tiap-tiap jenis kulit mempunyai perlakuan yang tidak sama untuk pembersihannya. Jenis kulit yang berkualitas premium yang datang dari sistem pemrosesan dan penyamakan yang cukup lama dan cermat akan jadikan bahan baku kulit berkualitas baik.

Sepatu kulit premium lebih gampang dalam perawatannya, bahan baku kulit yang berkualitas baik pasti lebih awet daripada kulit dengan kwalitas mediun bahkan juga umum. Ketahui juga karakter kulit sepatu yang ada pada sepatu anda, apakah dia elastis atau tak. Ketahui juga tingkat kelembapan untuk sepatu kulit yang anda punyai, karena anda semakin lebih dapat sesuaikan untuk perlakuan dan pemakaiannya.

Jenis bahan kulit yang akan saya ulas di sini yaitu kulit jenis jadi atau full-grain dan kulit suede. Full-grain datang dari kulit sapi bagian luar yang telah disamak dan di proses sedemikian rupa sampai jadi kulit berkualitas bagus dan siap di buat sepatu. Tanda-tanda kulit full-grain yaitu motifnya alami, tidak tebal, kuat dan sedikit kaku. Umumnya dipakai untuk sepatu kulit resmi seperti sepatu pantofel.

Jenis kulit suede yaitu bahan baku kulit yang di proses dari kulit sapi bagian dalam yang telah melalui sistem pemrosesan yang cukup lama dan rumit hingga membuahkan kulit yang berpenampilan menarik dan exclusive. Tanda-tanda bahan baku kulit suede lebih tebal dari kulit full-grain, kulit jenis suede memprioritaskan kenyaman dan ketahanan pas dipakai dimusim hujan ataupun musim panas dan bahkan juga musim salju, tetapi sepatu kulit jenis suede begitu gampang kotor.

2. Perlengkapan Untuk Mebersihkan Sepatu Kulit

Cara membersihkan dan perlengkapan yang dipakai untuk bersihkan sepatu kulit begitu punya pengaruh pada keawetan sepatu. Perlengkapan yang baik untuk bersihkan sepatu kulit diantaranya :

  • Sikat yang lembut
  • Kain lap lembut
  • Air yang bersih
  • Semir memiliki bahan krim
  • Sabun spesial untuk kulit (saddle soap)
  • Minyak cerpelai (mink oil)
  • Sikat spesial (untuk kulit suede)
  • Penghapus karet
  • Bedak talk/bedak bayi
  • Product pelapis sepatu dari silikon
  • Sumpal sepatu

3. Cara Bersihkan Sepatu Kulit Yang Benar

Cara membersihkan mempunyai dampak besar dalam perawatan sepatu kulit anda. Perlakuan pada sepatu kulit seperti cara menyikat mesti hati-hati karena dapat membuat kulit lecet dan merusaknya. Jika pencucian memakai air mesti hati-hati karena bahan baku kulit pada umumnya tak awet terdahap kelembapan.

Sistem pengeringan ada juga tekniknya, sepatu kulit tak bisa dijemur saat matahari bercahaya jelas dan terik panasnya begitu menyengat, hal semacam ini akan membuat sepatu kulit makin kaku, sangat kering dan pada akhirnya gampang pecah. Jika sepatu tengah lembab dan akan anda jemur, lapisi permukaan kulit dengan koran akar tak terserang segera paparan cahaya matahari.

Berikut ini yaitu beberapa langkah untuk bersihkan sepatu kulit, yang saya ulas yaitu sepatu kulit asli jenis jadi/full-grain dan sepatu kulit suede. Tehnik yang ada untuk sepatu kulit jenis full-grain ini dapat sama untuk diaplikasikan pada sepatu kulit memiliki bahan kulit sintesis.

  • Sepatu Kulit Jenis Full-Grain

Membersihkan sepatu kulit jenis full-grain tak serumit yang dipikirkan kok. Anda dapat membersihkannya cukup memakai sikat lembut di bagian kulit sepatu yang kotor, lantas mengelapnya dengan kain yang bersih. Tak perlu mengguankan air, tetapi jika ada kotoran yang membandel di bagian tertentu bersihkan dengan air. Langkahnya sebagai berikut :

  1. Menghilangkan susunan debu dan kotoran dengan sikat lembut, gosok dengan sikat permukaan sepatu kulit dengan cara berlawanan dengan arah permukaan kulit sepatu, janganlah lupa pada bagian-bagian yang susah dijangkau untuk dibikin bersih. Penyikatan ini fungsinya untuk mengendurkan kotoran yang melekat pada kulit sepatu
  2. Sesudah disikat, usap sepatu kulit dengan kain lembut kering supaya kotoran yang masihlah tersisa dapat diusap bersih memakai kain usap yang kita pakai. Kerjakan pengusapan hingga anda terasa cukup meyakini kalau sepatu anda telah bersih dari kotoran yang melekat pada kulit sepatu.
  3. Lalu berikan kain lap yang bersih dengan sedikit air, cukup air saja tanpamu campur dengan sabun/deterjen karena akan mengakibatkan kerusakan kulit sepatu anda.
  4. Kerjakan pengelapan di bagian kulit yang memiliki serat. Untuk kulit sintetis dapat memakai sabun spesial kulit yang dapat dibeli pada toko sepatu kulit.
  5. Biarlah kulit kering semuanya, taruh sepatu kulit punyamu ditempat yang sejuk agar terserang angin fresh dan sepatu tak lembab.
  • Sepatu Kulit Jenis Suede

Sepatu kulit dari jenis suede memanglah membutuhkan perlakuan khusus, bercak kotoran yang melekat pada sepatu kulit suede tak dapat dibikin bersih di bagian itu saja, terlebih jika memakai air. Bercak yang dibikin bersih akan menebar dan sedikit untuk sedikit menghilang.

Ada cara spesial untuk mengelap kulit suede, jika tak berhati hati air dapat menyebabkan noda sendiri dan jadikan becak kotoran makin kronis dan dapat meruba warna dari kulit sepatu.

Karenanya, anda butuh tahu cara bersihkan sepatu suede dengan cairan pembersih yang sesuai sama. Terkecuali cairan suede, sikat yang dipakai untuk kulit jenis ini dapat spesial untuk kulit jenis suede. Anda dapat beli sikat suede dan cairan pembersih sepatu untuk kulit bahan suede di toko sepatu kulit.

Di bawah ini cara bersihkan sepatu kulit suede tanpa ada mengakibatkan kerusakan berbahan :

  • Beli sikat spesial untuk bahan suede di toko sepatu, sikat spesial ini mempunyai kawat kecil dan serat halus untuk menolong melindungi bulu-bulu halus pada bahan kulit jenis suede
  • Untuk menyingkirkan lecet pada kulit suede, pakai sebatang penghapus pensil memiliki bahan karet dan gosokkan dengan cara pelan-pelan di bagian lecet kulit suede
  • Untuk pembersihan kotoran dan debu, gunukan sikat spesial untuk kulit suede, cara menyikatnya dengan satu arah saja supaya permukaan kulit tak rusak dan tak gampang mengelupas
  • Menyingkirkan noda basah yang ada pada kulit suede. Jika noda itu basah keringkan lebih dahulu dengan tisu, tunggulah hingga kering alami baru sikat dengan sikat suede di bagian yang kotor tadi.
  • Jika kulit suede sepatu anda terserang noda berbentuk minyak, taburkan bedak pada noda lantas diamkan sampai kering. Kemudian sikat di bagian yang kotor dengan sikat suede.
  • Pakai semprotan memiliki bahan silikon untuk melindungi kwalitas kulit dan kesesuaian warna pada sepatu bahan suede.
  • Taruh sepatu kulit suede ditempat terbuka, ketika anda taruh anda memakai sumpal berbentuk kertas kedalam sepatu untuk melindungi bentuk sepatu anda. Janganlah memakai koran sisa karena tintanya bisa luntur tentang sepatu anda.
  • Sebelumnya anda memakai kembali sepatu kulit suede milikmu, terlepas dahulu sumpal kertas tadi dan biarlah sekitaran sejam supaya sepatu rasakan hawa terbuka sebelumnya dipakai kembali.

 

4. Tips Menjaga Sepatu Kulit

Sepatu kulit asli dibikin bersih dengan kain bersih dengan kombinasi sedikit air. Langkahnya dengan menyeka sepatu hingga bersih dengan kain basah yang lembut, lantas keringkan dan taruh kembali.

Untuk membuat sepatu kulit anda bercahaya kembali. Semir sepatu kulit memakai bahan dari silikon, kerjakan penyemiran dengan cara lembut, seperlunya dan janganlah terus-terusan. Taruh di tempat terbuka, dengan menyimpan sumpal didalam sepatu untuk melindungi bentuk sepatu tetaplah ideal.

Tersebut cara cara pembersihan dan perawatan sepatu kulit yang mudah-mudahan dapat berguna buat rekan-rekan semuanya. Sebatas informasi, jika anda menginginkan pesan sepatu kulit asli berkualitas, dapat kustom sesuai sama hasratmu. Saya miliki rujukan untuk kamu tempat pengrajinnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s