Tools Untuk Menbuat Keyword

Penelitian kata kunci (keyword) yaitu satu kewajiban untuk bangun situs komersil yang keuntunganable. Karena itu, mengetahu cara penelitian kata kunci (keyword) yang baik dan benar adalah pondasi paling utama untuk optimasi keseluruhnya situs nanti baik itu untuk optimasi on-page ataupun off-page.

Image result for keyword

Tanpa ada penelitian kata kunci (keyword) yang benar, satu situs mungkin saja tidak untung dengan cost yang di keluarkan untuk sistem optimasi karena kata kunci (keyword) yang di bidik tak pas atau kurang keuntunganable, meskipun telah memakai artikel yang search engine optimation friendly. Terlebih jika memakai PBN, pasti akan lebih membengkak cost kerugiannya.

Karenanya banyak bermunculan tools/software baik yang gratis ataupun berbayar yang diperuntukkan untuk mempermudah kita dalam lakukan penelitian kata kunci (keyword).

Walau memakai tools/software bisa memudahkan dan mempercepat dalam lakukan penelitian, adakalanya kebosanan menghinggapi karena kata kunci (keyword) yang kita bisa itu-itu saja (karena tools yang kita pakai juga itu-itu saja).

Banyak pula yang mengeluh kesusahan temukan kata kunci (keyword) yang low competition walau telah memakai tools premium. Permasalahannya mungkin bukanlah pada toolsnya, namun kreatifitas kita dalam memproses data kata kunci (keyword) yang di input kedalam tools itu. Terlebih karena tools yang umumnya mengedar (terlebih yang gratisan) mengambil kata kunci (keyword) dari database yang sama, yaitu Google External Kata kunci (keyword) Tool yang saat ini beralih nama jadi Kata kunci (keyword) Planner.

Oleh karenanya, di bawah ini akan saya paparkan 8 cara gampang temukan inspirasi kata kunci (keyword) yang belum banyak terjamah, yang nanti dapat Anda olah selanjutnya dalam tools-tools gratisan ataupun premium Anda.

1. Wikipedia

Ingin mencari arti arti asing apa sajakah, kelihatannya jawabannya semuanya ada di sini.

Terkecuali sebagai perpustakaan on-line, Wikipedia dapat juga jadikan tempat untuk brainstorming inspirasi kata kunci (keyword).

Tinggal masukan kata kunci (keyword) yang menginginkan Anda explore ke kotak search, maka Wikipedia akan menyuguhkan semuanya kalimat atau arti yang terkait dengan kata kunci (keyword) itu (juga bagus digunakan untuk mencari LSI).

Anda bebas berkreativitas di sini karena tiap-tiap kata kunci (keyword) akan membuahkan bebrapa kata kunci (keyword) baru yang jika di diklik akan membuahkan bebrapa cara menentukan keyword seo baru yang lain (tahu sendiri kan bagaimana jenis internal link di website ini).

Anda harus juga hati-hati supaya tak alami information overload karena banyak info yang dihidangkan.
2. SEO SearchTerms Tagging 2 (STT2)

SEO SearchTerms Tagging 2 atau umum di kenal dengan sebutan STT2 ini pastinya telah tak asing bagi Anda. Plugin buatan Om Purwedi ini yaitu satu diantara plugin favorite saya, walau terakhir mulai ditinggalkan banyaknya pemakainya karena takut dengan algoritma paling baru Google.

Tetapi, tak semuanya meninggalkan plugin ini karena banyak pula yang masihlah keukeuh menggunakan (termasuk juga saya). Analisis pribadi saya, bukanlah pluginnya yang membuat deindex/sandbox, namun cara penggunaan (setting) usernya yang memastikan.

Buktinya, ada banyak beberapa blog dengan STT2 berkeliaran di search engine. Dan ini mungkin saja satu diantara sumber untuk inspirasi penelitian kata kunci (keyword) nanti. Langkahnya?

Masuk ke halaman pencarian google. Masukan kata kunci (keyword) yang menginginkan Anda mencari dibarengi kalimat “incoming search terms”.

Banyak pengguna STT2 yang mengedit judul default search terms jadi terkadang tak masuk dalam hasil pencarian. Namun itu bukanlah permasalahan besar karena banyak pula pengguna yang membiarkan judul search terms STT2 mereka di posisi default. Jadi Anda tetaplah miliki resource untuk kata kunci (keyword) yang Anda mencari.
3. Feature Category di Article Directory

Searching article-article direktori yang ada di internet, dan saksikan beberapa kelompok yang ada. Umumnya tiap-tiap kelompok memiliki sub-sub kelompok lagi yang semakin banyak jumlahnya. Sub-sub kelompok berikut yang dapat Anda menjadikan inspirasi kata kunci (keyword).

Untuk yang satu ini favorite saya ada di EzineArticles. com.

4. Komentar Spam

Inspirasi untuk penelitian kata kunci (keyword) dari komentar spam dapat di cari lewat bebrapa situs ber-PR gede yang komentarnya dofollow. Untuk memperoleh daftar situs ber-PR gede cukup gampang, tinggal searching listnya di google (upayakan mencari yang di berbagi di komunitas).

Spammer yang masuk ke situs (blog) lewat situs (blog) komen nyaris tentu memasukkan kata kunci (keyword) yang dia seo-kan ke kotak komentar (tak tahu itu di body komen atau di kolom nama).

Mengapa mesti PR gede dan dofollow? Karena back link jenis ini diakui lebih berkualitas, jadi yang berkomentar umumnya semakin banyak.

5. Google Autocomplete (Suggestions)

Untuk ini mungkin telah banyak yang tahu, tinggal search satu diantara kata kunci (keyword) Anda di Google, maka Algoritma google akan automatis memberi sugesti/anjuran untuk bebrapa kata kunci (keyword) long tail yang banyak di cari.

Anjuran saya, pakai kotak search yang ada dibagian toolbar (Mozilla) karena umumnya resultnya semakin banyak.

6. Google Related Search

Ini dapat kelihatannya telah banyak yang tahu. Masuk ke halaman pencarian Google, tulis kata kunci (keyword) yang menginginkan Anda explore, lalu tekan tombol search. Di bagian bawah pencarian akan nampak bebrapa kata kunci (keyword) yang related/terkait dengan kata kunci (keyword) paling utama Anda.

Dari bebrapa kata kunci (keyword) related itu Anda dapat search lagi di Google untuk memperoleh related kata kunci (keyword) yang lain. Demikian selanjutnya.

Anda dapat juga memasukkan related kata kunci (keyword) yang Anda peroleh kedalam search box wikipedia untuk membuahkan bebrapa inspirasi kata kunci (keyword) yang baru lagi (bergantung kreatifitas Anda).
7. Pesaing Kata kunci (keyword) (AIO SEO Pack/Platinum SEO Pack/Yoast SEO)

Walau tak dapat digunakan untuk semuanya situs, trick ini dapat jadi satu diantara alternatif pilihan untuk mencari inspirasi kata kunci (keyword).

Langkahnya, masuk ke Google dan masukan kata kunci (keyword) yang menginginkan Anda ranking. Click hasil pencarian yang nampak, mencari situs (blog) yang memakai CMS wordpress dan saksikan source codenya (dengan ctrl+U). Lalu mencari meta name keywordnya.

Langkah tersebut agak lama diolah seleksi situs karena tak semuanya hasil pencarian memakai CMS wordpress. Serta tak semuanya situs (blog) yg bermesin wordpress memakai plugin SEO. Tetapi sebagai alternatif, langkah tersebut layak dicoba.
8. Histats

Yang paling akhir, Histats. Situs tracking yang satu ini begitu popular dan banyak dipakai oleh beberapa blogger ataupun internet marketer di semua dunia.

Walau ada sarana penguncian (private) pada setting tracking, banyak pula yg tidak perhatian dan membiarkan statistik websitenya terbuka.

Untuk memperoleh inspirasi kata kunci (keyword) dengan langkah tersebut, masuk ke halaman pencarian dan tulis site : www. histats. com

Anda dapat juga memberikan kata kunci (keyword) pilihan untuk memperoleh inspirasi kata kunci (keyword) yang lebih tertarget.

Click hasil pencarian satu-persatu untuk lihat situs yang menginginkan Anda intip keywordnya.

Tetapi tak semuanya tracking di unlocked jadi Anda harus bersabar di step ini. Terkadang ada juga yang 1/2 feature di lock setengannya di unlock. Seperti feature summary, referral sites, search engines dsb. Yang kita mencari di sini yaitu yang feature search engines nya terbuka.

 

KESIMPULAN

Tools premium maupun gratisan, pemakainya tidak cuma Anda saja, tetapi jutaan orang didunia ini. Jadi jika memakai cara penelitian kata kunci (keyword) yang umum, pasti Anda akan kesusahan karena mesti berkompetisi dengan jutaan orang yang memakai alat yang sama.

Dengan memakai 8 cara alternatif di atas, mudah-mudahan Anda dapat memperoleh bebrapa inspirasi kata kunci (keyword) yang baru, yang fresh, dan mungkin yang belum terdeteksi oleh tools-tools premium yang ada.

Ini yaitu beberapa cara alternatif saya untuk brainstorming inspirasi kata kunci (keyword) tanpa ada tools/software. Inspirasi penelitian kata kunci (keyword) alternatif mana lagi yang mungkin dapat Anda berikan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s