Kesehatan Keselamatan Kerja

Tingkat kecelakaan kerja dalam satu perusahaan begitu tidak mungkin untuk ditekan seminimal mungkin jika kita tak menumbuhkan budaya K3 (Kesehatan Keselamatan Kerja) pada karyawan tersebut. Oleh karenanya dibutuhkan beragam cara untuk melakukan perbaikan atau paling untuk tidak mensosialisasikan pentingnya K3 ditempat kerja bagi karyawan sudah pasti hal semacam ini mempunyai tujuan untuk tingkatkan kesadaran kita mengenai K3 di mana sesungguhnya hal itu yaitu keperluan basic bagi karyawan tersebut.

Image result for Kesehatan Keselamatan Kerja

Di bawah ini yaitu cara-cara yang umum dikerjakan untuk menggalakkan budaya K3 :

Training Kesehatan Keselamatan kerja (K3)

Tidak mungkin untuk memohon pada karyawan pedulu mengenai K3 jika mereka sendiri tidak paham apa yang perlu mereka kerjakan jika hadapi ada potensi bahaya. Training basic tentang K3 pada karyawan diinginkan sekurang-kurangnya karyawan bisa dengan cara pro aktif dapat lakukan identifikasi bahaya, menilainya bahaya tersebut dan pastinya menyalurkan ke departemen berkaitan tentang keadaan itu atau bahkan juga dapat mereferensikan bagaimana caranya memastikan ingindaliannya.

Penilaian Resiko

Yakni aktivitas mengidentifikasi dan singkirkan bahaya dengan mengambil aksi mencegah yang pas.
Aktif Memantau Proses standard Keselamatan kerja

Hal paling simpel dalam soal ini apakah penggunaan alat pelindung diri  (sepatu safety, helm safety, seragam, masker dll)dipakai dan dapat dibuktikan efisien. Hal-hal lain yang bisa dikerjakan yaitu dengan lakukan audit K3 lintas departemen.

Senantiasa Komunikasikan pesan yang terkait dengan K3

Komunikasi ini bisa dikerjakan lewat cara yang simpel umpamanya lewat buletin bulanan, poster, stiker, dan contoh dari seseorang atasan pada bawahannya.

Memasukkan unsur K3 dalam sistem pembelian.

Tidak dapat disangkal pembelian dalam satu perusahaan senantiasa terkait dengan budgeting/dana. Namun alangkah sebaiknya jika unsur K3 dimasukkan dalam kriteria pada barang yang akan dibeli dan dipakai untuk produksi. Janganlah hanya tergiur dengan harga yang murah namun kurang dari sisi safetynya.

Buat System Kerja Yang Aman

Nyaris sama juga dengan point 5, namun dalam aplikasinya lebih di prosedur kerjad dalam perusahaan tersebut yang juga melibatkan/memperhitungkan unsur kesehatan keselamatan kerja.

Buat keadaan lingkungan kerja yang baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s