Ini Cara Membersihkan Sepatu Beludru dengan Baik

Beludru tak dapat diperlakukan seperti bersihkan sepatu safety berbahan kulit, karena bukanlah terbuat dari kulit. Beludru juga tak dapat dibikin bersih lewat cara seperti membersihkan pakaian, walau bahan dasarnya sama dengan kain sutra loh guys!

Image result for sepatu laki laki  bludru

Tau tidak sih.. Kain Velvet dengan kata lain si beludru ini awal mulanya di buat dari serat sutra, karena keinginan bertambah dan bahan baku yang dibuat oleh ulat sutra terbatas, pada akhirnya banyak yang menggabungkan dengan 20 % sutra selebihnya memakai rayon dan katun. Sebagai bahan yang dikira elegan mulai sejak era 14, beludru memanglah memerlukan perlakuan dengan cara spesial. Wah..

Tetapi apabila dalam menjaga sepatu beludru kurang intensif atau asal-asalan ketika membersihkannya, dapat menyebabkan beberapa permukaannya alami rusaknya dan memengaruhi penampilannya dengan cara keseluruhannya loh. Wah, jangan pernah yah..

Lantas bagaimana sih cara yang pas untuk menjaga, menaruh dan bersihkan sepatu beludru? Yuk, segera dikaji ya guys!

 

Perawatan?

  • Menghindar sepatu beludru dari peluang terserang noda kotoran dengan tak menggunakannya dengan cara asal-asalan.
  • Pastikan peluang dan saat yang sesuai sama untuk menggunakan sepatu beludru.
  • Teraturlah untuk membersihkannya setiap saat habis dipakai
  • Jika tak terserang kotoran berat, umpamanya percikan minyak atau lumpur, maka hanya butuh disikat dengan sikat spesial untuk beludru ataupun suede.

*Tips :
Pemakaian sikat saat bersihkan : Oleskan sikat hanya ke satu arah. Lebih efisien jika dikerjakan dengan memakai vacum cleaner.

 

Menaruh?

  • Beludru begitu sensitif pada debu. Maka, baiknya sebelumnya di taruh di rack sepatu, lebih dahulu dibungkus plastik untuk hindari debu. Nah, debu yang makin menumpuk tersebut yang akan membuat sepatu beludru anda makin susah untuk dibikin bersih, guys.
  • Masukan gulungan koran atau kertas karton dalam sepatu untuk melindungi supaya memiliki bentuk tidaklah sampai penyok-penyok karena sama-sama tertekan saat disimpan dalam kotak. (Apabila saat penyimpanan lama)
  • Pakai silica gel untuk menyerap kelembaban sepatu bahan beludru anda.
  • Gaunakan kamper/kapur barus untuk menghindar bau dan supaya tak dimasuki serangga.

 

Cara Bersihkan?

  • Janganlah segera dibikin bersih memakai air, namun sikat pelan-pelan dengan sikat gigi sisa hingga kotoran hilang atau sekurang-kurangnya menyusut.
  • Lantas ulangilah lagi dengan sikat spesial.
  • Jika terserang noda berminyak,
    serap dengan tissue kering,
    janganlah dilap dengan cara keras.
  • Ulangilah sekian kali hingga noda minyak betul-betul tak dapat lagi terserap.
  • Kemudian disikat dengan memakai sikat yang dibasahi air sabun.

Sepatu yang didesain dengan memakai bahan beludru ditujukan sebagai sepatu fashion. Karenanya penggunaannya mesti digabungkan dengan baju yang sesuai sama dan dipakai hanya pada event tertentu. Sepatu ini tak dipakai sebagai alas kaki keseharian, walau pada intinya mempunyai konstruksi yang kuat, namun permukaannya begitu rawan pada kotoran.

Oleh karena itu, kerjakanlah perawatan pada jenis sepatu beludru maupun yang lain dengan benar ya, guys. Jangan pernah penampilannya jadi jelek saat anda akan menngunakannya. Oh iya, ingin beli sepatu yang mutunya paling baik?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s