Apakah Mencampur Premium Dengan Pertamax Berbahaya?

salah-isi-bahan-bakar1

Beberapa orang yang dengan berniat mencampurkan Premium dengan Pertamax, terdapat banyak argumen yang memicu perbuatan mereka. Banyak yang beralasan untukmengejar nilai oktan, Premium yang mempunyai nilai oktan 82 jika digabung dengan Pertamax plus yang mempunyai nilai oktan 95 akan membuahkan nilai oktan 90 s/d 92. Begitu mereka dapat menghemat cost, dibanding beli Pertamax Plus yang mahal.
Lantas apakah bisa hal semacam ini dikerjakan?

Premium adalah bahan bakar berkualitas bersubsidi yang mempunyai harga lebih murah dibanding dengan Pertamax dan Pertamax Plus, Premium merupakana bahan bakara yang berjenis distilat berwaran kuning (karena memperoleh kombinasi Dye) Dan mempunyai nilai oktan terendah dari jenis bbm lainya, yakni hanya sekitaran 82 oktan, dan menghaslikan NOx dan COx dalam jumlah yang banyak.

Pertamax adalah bahan bakar non subsidi yang memperoleh penambahan zat Adiktif pada sistem pemrosesanya di kilang minyak. Pertamax disarankan untuk kendaraan yang di produksi th. 1990 keatas. terlebih bagi kendaraan yang memakai tehnologi setara dengan Electornic Fuel Injection (EFI) dan Catalytic Converters (CC).. Pertamax pertama kalinya di luncurkan pada th. 1999 sebagai pengganti Premix 98 yang mempunyai unsur MTBE yang beresiko bagi orang-orang.

Pertamax Plus adalah bahan bakar yang dibuat dari Pemrosesan minyak bumi. Dibuat lewat cara lakukan menambahkan zat Adiktif ketika sistem pemrosesanya di kilang minyak. Pertamax Plus adalah bahan bakar yang telah penuhi prasyarat standard performa International World Wide Fuel Charter (IWWFC), disarankan untuk kendaraaan yang mempunyai rasio kompresi minimum 10, 5 dan memakai tehnologi Electornic Fuel Injection (EFI) dan Catalytic Converters (CC). Variable Valve Timing Intelligent (VVTI), (VTI), Turbochargers, dan Catalytic Converters (CC).

Apakah bahaya jika kita mencampurkan Premium dengan Pertamax asal-asalan?

Premium itu bahan bakar yang polos, artinya bahan bakar tanpa ada kombinasi apa pun, keluar dari kilang minyak berbentuk nafta. Nafta akan di proses bergantung dari pesanan, jika dipesan Premium maka Nafta tersebut akan di proses jadi Premium.

Sedang pada Pertamax telah diberi tambahan dengan bumbu-bumbu lain yang tak ada di Premium, Pada Pertamax ada zat adiktif penambahan yang bermanfaat sebagai pembersih yang akan tidak didapati di Premium.

Jadi jika kita mengoplos atau mencampurkan Pertamax dengan Premium memanglah dapat untuk menguber oktan, namun Zat Adiktif tadi yang berperan sebagai pembersih tidak akan berperan atau tak ada fungsinya, artinya mesin kendaraan anda akan tetaplah kotor.

Kendaraan yang baik adalah kendaraan yang selalu menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi, saran kami gunakanlah Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan yang sudah terbukti untuk semua kendaraan yang ingin kecepatannya selalu stabil.

Rangkuman :

  • System mencampurkan Premium dengan Pertamax akan tidak mengakibatkan kerusakan mesin.
  • Tambah baik memakai Premium dari pada Memakai Oplosan dari Pertamax dan Premium.
  • Bila anda menginginkan mengoplos disarankan jumlah Pertamax semakin besar, umpamanya 4 : 1.
  • System mengoplos dapat menguber nilai oktan, namun zat adiktfi yang berperan sebagai pembersih tadi akan tidak bermanfaat jika jumlah Premium semakin banyak dibanding Pertamax.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s